Join The Community

Premium WordPress Themes

Penggunaan Rave di Delphi



Langkah-langkah pembuatan laporan dengan menggunakan Rave adalah :
1. Menambahkan form baru pada projek yang telah dibuat sebelumnya.

2. Tambahkan komponen :
1 buah Ado connection, 2 buah ADoQuery dan Dataset dan tambahkan juga 2 buah button, Button1 untuk cetak dan Button2 untuk CancelUntuk membuat laporan kita menggunakan dua komponen pallete RAVE yaitu : 1 buah RVProject dan 2 buah RVDataSetConnectionD

3. Mengkoneksikan Database dengan Adoconnection : 
  • Klik ADOConnencti pada Form, klik ConnectionString (…), klik Build, Klik Microsoft Office 12.0 Acces Database Engine OLEDB Provider (untuk office 2007) tetapi kalau menggunakan office XP dapat dipilih Microsoft jet OLEDB 4.0, test connection
  • Dan klik next, pada data source ketikkan : D:\Transaksi\transaksi.accdb, dan yang terakhir klik test connection. Apabila test connection tampil keterangan tes connection succeeded, maka koneksinya sudah benar, tutup semua windows koneksi dengan cara klik OK. kembali ke frmCetakanggota.
4. Mengaktifkan Adoquery 1 untuk tabel Transaksi
Klik Adoquery1, klik SQL pada properties, lalu ketikkan :
select * from penjualan, pelanggan where penjualan.id_pembeli = pelanggan.id_pembeli
perintah ini dijadikan sebagai master yang akan digunakan untuk menampilkan data transaksi dan beralasi dengan tabel pelanggan
Dan Klik Active pada properties ganti false menjadi true.
5. Mengaktifkan Adoquery 2 untuk tabel Djual
select * , harga * jumlah as jumlahharga from djual, barang where djual.kode_barang = barang.kode_barang
perintah ini dijadikan sebagai Detail yang akan digunakan untuk menampilkan data Detail dari transaksi dan berelasi dengan tabel barang disertai dengan proses untuk menghitung jumlahharga yang didapat diari perkalian harga * jumlah
6.Mengkoneksikan RVDataSetConnection 1 ke Adoquery 1, sebaiknya nama RVDatasetConnection 1 diganti dengan RVTransaksi pada properties dengan dataset, dengan cara klik RVDataSetConnection/RVtransaksi, pada properties klik Dataset, lalu pilih AdoQuery1.
7. Mengkoneksikan RVDataSetConnection 2 ke Adoquery 2, sebaiknya nama RVDatasetConnection 2 juga diganti dengan RVDetail pada properties, dengan cara klik RVDataSetConnection/RVDetail, pada properties klik Dataset, lalu pilih AdoQuery2.
8. Menjalankan Rave
langkah-langkahnya adalah :
DataView untuk Master
  • Double klik pada Rave Project atau Klik menu Tools pada delphi, klik RAVE designer
  • Klik File, Klik New Data Object
  • Klik Direct Data view
  • Klik RVTransaksi (DT), lalu klik Finish
Data View untuk Detail
  • Klik File, Klik New Data Object
  • Klik Direct Data view
  • Klik RVTransaksi (DT), lalu klik Finish
Dengan cara tersebut maka disudut kanan atas akan terbuat 2 buah Dataview yaitu Dataview 1 (untuk master) dan DataView 2 (untuk Detail)
9. Desain Report Master/Detail secara Manual
Klik Report pada Tab report setelah itu klik Region Component, gerak kursur kearah lembar kerja dan drag sehing lembar kerja tertutup semua dengan Region Component :
Klik Band Component pada tab Report lalu letakkan pada region, Klik Tab Standar lalu klik Text component, pada properties sebelah kiri, ganti text menjadi “Form Laporan Transaksi Pembelian” ini digunakan untuk judul dari laporan yang dibuat.
Klik Tab Report dan klik Data Band Component gerakkan kearah region lalu klik, maka akan terbuat Data Band 1, ini akan digunakan sebagai master table header, selanjutnya atur pada properties :
untuk data band pertama rubah
  • Klik Bandstyle lalu klik master (body Header), lalu OK
  • Klik DataView pada properties isi dengan DataView1 (Master)
  • Klik Detail Key isi dengan NO_faktur
  • Klik start New Page isi dengan True
Jika sudah selesai lanjutkan dengan mengisi Text Component yang ada pada tab Standar, lalu isikan ke dalam Data View satu sebanyak empat buah text masing-masing untuk : no transaksi, tanggal transaksi, id pelanggan dan nama pelanggan.
Klik Tab Report, lalu klik Data Text Component dan letak pada Dataview 1 atau tepatnya pada Data Band 1, sebanyak empat buah masing-masing ganti pada propertiesnya : Dataview diisi dengan Dataview 1, dan DataField disesuaikan dentan texnya lanjutkan dengan Data text yang lain sehingga membentuk gambar berikut
uji Rave dengan cara klik File lalu Execute dan klik OK
Klik Tab Report kembali, lalu klik Data Band Component lalu klik pada region ini digunakan untuk menampilkan field detail, setelah itu atur pada properties dengan cara :
  • Klik BandStyle, lalu klik detail, lalu OK
  • Klik dataviewnya isi dengan dataview2
  • Klik Detail key lalu isi dengan No_faktur
  • Klik ControllerBand isi dengan DataBand1
  • klik MasterDataView isi dengan Dataview1
  • Klik MasterKey isi dengan NO_Faktur
langkahselanjutnya adalah klik Tab Report lalu klik DataText Component, dan letakkan pada Databand 2, sebanyak 5 buah untuk kode barang, nama barang, harga barang, jumlah, dan total, atur masing-masing data text component pada properties untuk Dataview isi dengan dataview 2 dan Data Fieldnya sesuai dengan data yang akan ditampilkan.
Tambahkan satu buah Databand dengan cara klik Tab Report dan klik Data Band Componen ini digunakan untuk menjumlah total setelah itu atur pada propertiesnya :
  • Klik BandStyle, lalu klik row Footer(), lalu OK
  • Klik dataviewnya isi dengan dataview2
  • Klik Detail key lalu isi dengan No_faktur
  • Klik ControllerBand isi dengan DataBand1
  • klik MasterDataView isi dengan Dataview1
  • Klik MasterKey isi dengan NO_Faktur
Klik Tab Report lalu klik Calc Text Component, letakkan pada Databand 3, lalu antur pada propertiesnya untuk Dataview isi dengan Dataview1, dan Data Field isi dengan jumlahharga dan untuk Controllernya isi dengan Dataview 2.

Uji Program… dengan cara klik File Klik Execute lalu klik OK
jika sudah selesai setting pada rave simpan file rave dengan cara klik File Klik Save as lalu tentukan Folder dimana project delphi dibuat beri nama Prjlaporantransaksi.rav.
Kembali ke Delphi,
Double klik Tombol Cetak lalu ketik listing program berikut :
1
adoquery1.SQL.Clear;
2
adoquery1.SQL.add('select * from penjualan, pelanggan where penjualan.id_pembeli = pelaqnggan.id_pembeli');

3
adoquery1.Open;
4
adoquery1.Active :=true;

5
RvProject1.Execute;
6
rvproject1.ExecuteReport('Prjlaporantransaksi.rav');
eit jangan lupa klik RvProjectnya lalu klik pada properties dibagian Project File yang titik tiga, lalu buka file Prjlaporantransaksi.rav ….
selesai… deh….
selamat mencoba….

1 komentar:

ko gga ada preview nyh??
biar lebih gampang belajar nyh,, kalo kayag ginii masiih bingung gan.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...